RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
I. Satuan Pendidikan
Sekolah : SMK N 1 PADANG
Mata Pelajaran : Mengidentifikasi Lapisan Perkerasan Jalan
Kelas / Semester : X / I
Program Keahlian : Teknik Konstruksi Batu dan Beton
Standar kompetensi : Melaksanakan Pekerjaan Jalan
Jumlah Pertemuan : 1 x 40 menit
Pertemuan Ke : 2 (dua)
II. Kompetensi Dasar :
Siswa dapat memahami dan mengidentifikasi lapisan yang baik untuk perkerasan jalan raya
III. Indikator Pencapaian :
1. Siswa dapat mengetahui lapisan-lapisan pada perkerasan jalan.
2. Siswa dapat mengidentifikasi lapisan perkerasan jalan.
3. Siswa dapat memahami setiap fungsi dari lapisan-lapisan perkerasan tersebut.
IV. Tujuan Pembelajaran
Diakhir pertemuan siswa mampu :
- Menjelaskan lapisan-lapisan perkerasan jalan.
- Mengidentifikasi lapisan perkerasan jalan raya.
V. Materi Pembelajaran
Perkerasan jalan adalah konstruksi yang dibangun diatas lapisan tanah dasar (Subgrade). Jenis konstruksi perkerasan jalan pada umumnya ada dua jenis yaitu :
1) Perkerasan Lentur (Flexible Pavement)
2) Perkerasan Kaku ( Rigid Pavement)
Perencanaan konstruksi perkerasan juga dapat dibedakan antara lain:
· Perencanaan Jalan Baru (New Construction)
· Perencanaan Perkerasan Jalan Lama ( Overlay )
· Konstruksi Bertahap ( Stage Construction)
VI. Metode Pembelajaran : Ceramah , Tanya Jawab
VII. Kegiatan Pembelajaran
Uraian kegiatan pembelajaran | Metode | Waktu | Media |
a. a. Pendahuluan · Salam pembuka · Melakukan apersepsi · Membangkitkan motivasi · Memusatkan perhatian peserta didik · Menyampaikan TUP/TKP b. Kegiatan Inti · Menjelaskan bentuk umum perkerasan jalan · Menjelaskan macam-macam perkerasan jalan · Menjelaskan konstruksi perkerasan jalan · Latihan setiap pokok pembahasan c. Penutup · Merangkum Merangkum materi yang telah dipelajari · Tindak lanjut ( peek beck ) Memberikan soal-soal latihan kepada siswa dan membahas soal-soal tersebut secara bersama-sama · Menyampaikan pokok pembahasan meteri yang akan di pelajari minggu depan | Ceramah, dan Tanya jawab Ceramah, dan Tanya jawab Ceramah, dan Tanya jawab | 7 menit 23 menit 10 menit | OHP, Em pokus/ powepoin, Papan tulis,dan Spidol |
VIII. Penilaian
· Tugas
· Aktif siswa dalam PBM ( Proses Belajar Mengajar )
· UTS
· UAS
IX. Sumber Belajar
1. Hendarsin Shirley. 2000. Perencanaan Teknik Jalan Raya. Bandung. Politeknik Negeri Bandung
2. Labsheet. Tata Cara Perencanaan Tebal Perkersan Jalan Raya.
Mengetahui Padang, 14 Maret 2011
Kepala SMKN 1 Padang Guru Mata Pelajaran
( ) (TRIMAILUZI)
NIP : NIM/BP : 05991/08
Tidak ada komentar:
Posting Komentar